Mencekam! Kronologi Kapal Perang Rusia Diserang di Laut Hitam

Tangkapan layar yang diambil dari sebuah video menunjukkan kapal perang Rusia milik armada Laut Hitamnya diduga menghancurkan kapal permukaan tak berawak (AUSV) Ukraina di Laut Hitam pada 24 Mei 2023. Rusia pada Rabu mengklaim bahwa Ukraina menyerang kapal milik armada Laut Hitamnya , yang ditugaskan untuk memastikan operasi yang aman dari jaringan pipa TurkStream dan Blue Stream. (Russian Defence Ministry / Handout/Anadolu Agency via Getty Images)

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan kapal perang Rusia Ivan Hurs telah diserang pada Rabu (24/5/2023) oleh tiga speedboat tanpa awak Ukraina di Laut Hitam, saat mendekati selat Bosphorus.

Ivan Hurs adalah kapal pengintai menengah yang diluncurkan pada 2013.

Dalam sebuah pernyataan yang diunggah di Telegram, kementerian tersebut mengatakan kapal perang tersebut https://rtphuat138slot.online/ telah melindungi pipa gas TurkStream dan Blue Stream – yang membawa gas dari Rusia ke Turki, sebagian melintasi Laut Hitam – dan “terus memenuhi tugasnya”.

Pernyataan itu tampaknya akan meningkatkan ketegangan di Laut Hitam, di mana Rusia baru saja menyetujui perpanjangan kesepakatan ekspor biji-bijian dari pelabuhannya.

Kementerian tersebut mengutip serangan itu sebagai pembenaran bagi Rusia untuk memperluas langkah-langkah untuk mempertahankan jalur pipanya, meskipun tidak disebutkan implikasi apa pun terhadap keselamatan kapal biji-bijian.

Letnan Jenderal Igor Konashenkov mengatakan kapal itu menjadi sasaran drone di zona ekonomi eksklusif Turki, sekitar 140 km di timur laut Selat Bosporus.

Kapal itu berpatroli di daerah dekat pipa gas alam TurkStream dan Blue Stream. Konashenkov menambahkan bahwa patroli angkatan laut dikerahkan setelah serangan terhadap pipa Nord Stream September lalu.

“Semua kapal musuh dihancurkan oleh api dengan senjata di atas kapal Rusia,” tambah juru bicara itu.

Militer membagikan rekaman insiden tersebut, menunjukkan sebuah speedboat kecil berwarna hitam datang di bawah tembakan kaliber besar. Kapal itu terkena serangan langsung dan meledak, meninggalkan kepulan asap hitam di atas air.

Selama konflik yang sedang berlangsung, Ukraina telah berulang kali menggunakan drone laut untuk menyerang Armada Laut Hitam Rusia. Serangan terbaru adalah yang paling jauh, dengan upaya sebelumnya menargetkan kapal perang yang ditempatkan di pelabuhan Sevastopol di Semenanjung Krimea Rusia.

Serangan itu, bagaimanapun, tidak berhasil, dengan speedboat tak berawak terdeteksi dan dihancurkan selama pendekatan, atau terjebak dalam jaring pelindung pelabuhan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*