Momen Anies Ucap Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti

Anies dalam pidato penutupnya menyebut angkara murka akan kalah oleh kebaikan. Dia mengucap itu dengan kalimat 'suro diro jayaningrat lebur dening pangastuti'.

Jakarta, CNN Indonesia — Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan mengatakan dirinya akan melawan pihak-pihak yang menikmati ketimpangan yang terjadi di Indonesia tidak dengan rasa ketidaksukaan.
Ia lantas menyinggung ungkapan dalam bahasa Jawa “Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti”.

Momen itu terjadi saat Anies menyampaikan pernyataan penutupnya pada segmen keenam pada debat kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (4/2).

Mulanya, Anies bertutur soal pengalamannya berjumpa dengan rakyat kala berkeliling Indonesia. Menurut Anies, rakyat datang membawa harapan akan perubahan hingga kondisi hidup yang lebih baik. Anies mengatakan pihaknya berjuang untuk perubahan tersebut.

Menurut Anies, perjalanan yang dilalui ini merupakan perjalanan spiritual bagi pihaknya. Anies menyebut setiap jabat tangan dan pelukan dengan masyarakat itu membawa pesan bahwa mereka ingin Indonesia yang lebih baik.

Anies menyebut pihaknya menyadari betul bahwa welas kasih hingga ketulusan menjadi bagian dari perjuangannya. Ia menyebut pihaknya juga berterima kasih pada TNI, Polisi, ASN. Ia berjanji akan memperhatikan mereka juga untuk bisa hidup lebih baik setiap tahunnya.

“Kita juga menyaksikan ada yang menolak ini, yang hidup dari ketimpangan ini, yang justru merasakan kekuasaan dari ketimpangan ini, itu yang akan kami lawan. Tapi kami tidak melawan dengan kebencian, kami tidak melawan dengan rasa ketidaksukaan. Kami akan membawa ini dengan spirit Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti bahwa segala angkara murka akan kalah oleh kebaikan,” ujar Anies.

“Merah putih di atas semuanya. Penghormatan kepada kebhinekaan, penghormatan kepada persatuan akan mengantarkan kita, yang kita ikhtiarkan bersama-sama, menjadi Indonesia yang cerdas, sejahtera, sehat,” sambung dia.

Ia juga ingin adanya kesetaraan kesempatan bagi semua pihak di Indonesia.

Debat capres hari ini menjadi debat terakhir menjelang akhir masa kampanye. Debat ini mengusung tema soal kesejahteraan sosial, pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan inklusi.

Sebelumnya, KPU telah menggelar empat rangkaian debat dengan rincian dua debat capres dan dua cawapres.

Usai debat kelima malam ini, tiga paslon capres-cawapres akan melanjutkan kampanye Pilpres 2024 hingga 10 Februari, dilanjutkan dengan masa tenang mulai 11 Februari hingga 13 Februari dan hari pencoblosan Pilpres 2024 pada 14 Februari 2024.

Baca artikel CNN Indonesia “Momen Anies Ucap Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*